Kiprah Perkembangan Busana Muslim di Indonesia

in News on June 09, 2015 . 0 Comments.


Perkembangan industri busana muslim di Indonesia yang mulai menggeliat di Pulau Jawa awal tahun 1990-an,  makin terasa booming-nya di pekan mode Jakarta tahun ini. 


Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, mempunyai nilai ekonomis yang tinggi bagi perkembangan busana muslim. Ditegaskan oleh Dirjen IKM Kemenperin, Euis Saedah, “Busana muslim tidak hanya dianggap sebagai alat penyempurna untuk menutup aurat, namun juga sebagai simbol identitas kultural dan lebih jauh dapat mengubah tren dalam berbusana.

” Penyesuaian gaya hidup modern dengan tetap mempertahankan tradisi Islam adalah salah satu faktor pemicu tumbuhnya perdagangan busana muslim di seluruh dunia, khususnya di Eropa. Dalam rilis dari Kemenperin pula, tahun 2012 di Inggris terdapat sekitar 1,5 juta umat muslim dan diperkirakan transaksi busana muslim mencapai  150 juta dolar AS dalam setahun. Sementara, dengan total umat Islam sebanyak 16 juta jiwa, omzet perdagangan busana muslim di Eropa mencapai 1,5 miliar dolar AS per tahun. 

Jelas, angka yang tidak sedikit ini membuat para pelaku usaha industri busana muslim dituntut untuk lebih kreatif guna memenangkan kompetisi pasar, bukan hanya untuk konsumen lokal, tapi juga internasional. Hal ini juga  sesuai dengan tema Jakarta Fashion Week (JFW) 2013, yaituIndonesia Today, The World Tomorrow, di mana platform mode pertama di Indonesia ini turut mendukung visi Indonesia:  Menuju Kiblat Fashion Muslim Dunia Tahun 2020. Untuk itu, tak mengherankan jika pada pekan mode ini, slot untuk pergelaran busana muslim pun bertambah. “Ini menandakan animo masyarakat yang besar terhadap perkembangan busana muslim,” ujarSvida Alisjahbana, CEO Femina Group, sekaligus Ketua Umum JFW. 

Busana Muslim Tahun Ini

Asal tahu saja, sejak awal pekan mode tahun 2008, perhelatan baju muslim telah menjadi referensi utama bukan hanya bagi pengguna lokal, tapi juga secara global. Tahun ini, JFW menggandeng BRI untuk berpartisipasi dalam salah satu slot khusus busana muslim bertema  Luxurious Modesty, dengan para desainer Irna MutiaraMonika Jufry, Elements by Ronald V.Gaghana, dan Itang Yunasz

Menurut Itang Yunasz, yang menjadi pemenang kategori individu Pia Alisjahbana Award tahun ini, wanita muslim di Indonesia termasuk beruntung karena di negara-negara Arab, pilihan busana muslim yang bisa ditemukan hanya abaya. “Bahkan, Malaysia, Dubai, dan Uni Emirat Arab juga mengakui bahwa Indonesia-lah yang punya fashion muslim,” kata perancang senior yang sudah membawa rancangan busananya hingga ke Amerika Serikat ini. 

Perhelatan busana muslim pada JFW 2013 ini menampilkan rancangan yang tampak mewah, elegan, serta santun sesuai dengan koridor Islam. Kemewahan tampak pada bahan-bahan yang digunakan oleh para desainer, seperti Itang dengan chiffon dan sateensilk, Irna dengan sutra crepe, bordir Tasikmalaya  serta Sumatra Barat, dan Elements dengan materi tulle dan bordir dari Indonesia, Maroko, serta Cina. 

Desainer lain seperti Dian PelangiRia MirandaIda RoyaniMerry PramonoDefrico Audy, dan Jeny Tjahyawati, juga turut mempersembahkan koleksinya bagi para wanita aktif dengan kehebatan styling yang memadukan unsur-unsur busana muslim. Ya, sebut saja kaftan, abaya, blus, rok panjang, celana panjang, kerudung, penutup kepala seperti turban, hingga vestblazerpanjang, dan coat sepanjang mata kaki.

Tak berhenti sampai di situ, hal ini masih didominasi dengan aksesori modern, seperti sepatu platform dan kalung statement yang berkilau. Menyajikan hampir keseluruhan palet warna, dari hitam, putih, hingga warna cerah dan pastel. Kemegahan busana muslim dari tiap desainer juga kian tampak melalui penggunaan materi tradisional yang bukan hanya diterapkan pada busana, tapi juga menjadi bagian dari penutup kepala atau hijab, juga turban. Tak percaya? Coba lirik deretan hijab menarik dari tiap desainer berikut ini sebagai presentasi yang sungguh inspiratif.

Last update: June 09, 2015

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url with http://)
* Comment:
Verification code:
×
×
×
×
×
×
×