Ragam Jenis Baju Muslim Sesuai Gaya

in Tips & Trik on October 11, 2014 . 3 Comments.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak muslim dan muslimah yang mulai menyadari pentingnya menggunakan busana muslim yang menutup aurat. Tidak hanya untuk kegiatan-kegiatan bertema keagamaan, tetapi juga untuk mode dan gaya sehari-hari. Meski fenomena hijab dan baju muslim sudah mulai ngetrend, masih banyak yang tidak tahu jenis-jenis baju muslim dan komponen-komponennya. Padahal mengetahui pernak-pernik baju muslim dari jenis, bentuk dan fungsinya dapat sangat membantu dalam mengenakan baju muslim yang sesuai dengan gaya kita masing-masing. Berikut merupakan beberapa jenis baju muslim dasar yang wajib untuk kita ketahui.

Baju Muslim Pria

Kebanyakan memandang bahwa baju muslim untuk pria hanya lah baju koko, padahal masih banyak pernik baju muslim pria yang mungkin kita sudah tahu bentuknya tapi tidak namanya. Baju muslim yang dapat dikenakan oleh pria lainnya ialah gamis yang berbentuk seperti terusan panjang hingga di atas mata kaki. Selain itu ada pula jenis baju muslim seperti jubah panjang putih bernama thobe yang bagian atasnya seperti kemeja, namun bagian kakinya panjang dan longgar. Seperti thobe ada pula bisht yang biasa dikenakan di luar thobe dengan bahan dan warna lebih kaya dan seringkali dikenakan oleh pemuka agama atau pemerintah. Dalam hal ini baju muslim pria juga meliputi aksesori kepala, salah satunya yaitu ghutra yang merupakan jilbab persegi panjang berwarna putih atau bermotif kotak-kotak putih-merah atau putih-hitam.

Baju Muslim Wanita

Jenis-jenis baju muslim wanita jelas lebih kaya ragam dan aksesorinya dibandingkan baju muslim pria. Salah satu yang paling ditemui tentunya saja jilbab yang merupakan kain penutup kepala. Model jilbab ada bermacam-macam, ada yang persegi empat, segitiga, dan pashmina untuk dibentuk berbagai model atau ada pula jilbab yang langsung pakai. Secara umum penggunaan jilbab sangat bergantung pada kebutuhan dan selera, namun apabila ingin menengok pada syariat Islam, jilbab seharusnya menutup sempurna rambut, leher dan dada. Jenis baju muslim yang populer saat ini ialah baju kain kaftan yang modelnya semacam tunik. Meski demikian, masih banyak lagi jenis baju muslim lain seperti khimar yang berbentuk seperti syal atau tirai penutup bagian atas tubuh wanita hingga pinggang. Ada pula jubah wanita yang menutup kepala hingga tanah yang terbuat dari serat sintesis hitam dengan hiasan payet atau bordiran warna bernama abaya. Apabila abaya biasa digunakan dengan diikat di depan dan menggunakan cadar, ada pula jubah semacamnya yang tidak dilengkapi cadar dan tidak diikat bagian depannya bernama chador.

Setelah mengetahui ragam baju muslim tersebut, akan lebih mudah kiranya menentukan mana-mana saja yang dapat mendukung penampilan kamu sebagai muslim dan muslimah sejati. Pastikan kelurusan hati untuk mengenakan baju muslim itu untuk ibadah dan sekaligus mengekspresikan diri, bukan untuk tujuan riya.

Last update: October 12, 2014

3 Comments (1 Replies)

Leave a Comment

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url with http://)
* Comment:
Verification code:
×
×
×
×
×
×
×